Thursday, October 20, 2011

Menko Kesra Bantah Isu SEA Games Batal

       Menteri Koordinasi Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono membantah soal isu pelaksanaan SEA Games 2011 pada November mendatang di Jakarta dan Palembang akan dibatalkan.

      Hal itu disampaikan Agung saat memberi sambutan di acara penandatangan kesepahaman bersama antara Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dengan Arsip Nasional Republik Indonesia(ANRI), terkait penyelematan dan pelestarian informasi geospasial dan penyerahan peta wilayah Indonesia bersi baru ke ANRI, di Auditorium Bakosurtanal, Cibinong, Jawa Barat, Kamis (15/9)
"Tadi pagi saya rapat dan dapat informasi soal panitia SEA Games akan menyerahkan kepanitiaan ke pemrintah. Itu tidak pernah ada, pemberitaan itu tidak benar, panitia akan mengembalikan mandat dari penyelenggara ke pemerintah," katanya.

        Menurutnya, proses terkait pelaksanaan SEA Games masih berjalan. "Masih proses. Ada proses penyempurnaan kepres dan perpres tentang kewenangan khusus kepada Inasoc (panitia penyelenggara) untuk penyediaan barang. Ini sudah dekat. Semuanya serba 11, tanggal 11 bulan 11. karenanya persiapan sedang berjalan terus dan sekarang sudah tahapan akhir," Agung yang juga pernah menjabat Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

       "Berlangsung begitu cepat. Saya percaya dan optimistis, sebelum tanggal 11 bulan 11 sudah selesai. Karena harus ada trial atau uji coba. Tinggal tiga kesuksesan atau prestasinya yang semoga bisa kita raih. Ketiganya yakni sukses menjadi penyelenggara, prestasi sebagai juara umum, dan mengembangkan ekonomi setempat," tambah Agung.

       Ada pun kepentingan penyelenggara itu sendiri, lanjutnya, semuanya sudah tersedia. "Anggaran sudah bisa dikucurkan dan cara penggunaannya bisa ada terobosan, karena waktu yang singkat ini. Meski tidak tender atau rujukan langsung bisa diizinkan, tetapi akuntabilitas, efisien dan efektif bisa dilakukan. Saya kira ini sesuatu hal yang penting," katanya. Agung menegaskan pelaksanaan SEA Games tidak ada lagi keraguan. Pihaknya sudah bicara dengan Rachmat Gobel (Ketua Harian Inasoc) dan Menpora Andi Malaranggeng. "Rachmat Gobel dan Menpora mengatakan tetap berjalan seperti biasanya. Saya optimistis SEA Games akan berlangsung," kata Agung lagi. 

No comments:

Post a Comment